Pada tanggal 21-22 Juli bertempat di Grand cempaka Hotel and Convention masyarakat Sunter Agung yang terdiri dari berbagai stake holder mulai dari RW, RT, LMK, FKDM, Pokdarkamtibmas, PKK, Karang taruna dan tokoh masyarakat lainnya secara bersama – sama mendeklarasikan berdirinya FASTRA (Forum Aspirasi dan Partisipasi masyarakat Sunter Agung).

Kepala Kesbangpol Provinsi DKI Jakarta mendapatkan mandate dari Gubernur DKI Jakarta Bpk. Djarot saeful Yusuf untuk menggantikan dirinya yang berhalangan hadir karena menghadap Presiden diwaktu yang bersamaan, dalam sambutan tertulisnya Gubernur menyampaikan rasa bangga terhadap masyarakat Sunter Agung yang menghimpun peserta sebanyak 400 an orang untuk bersama sama mendeklarasikan berdirinya FASTRA, terlebih anggaran yang digunakan murni dari swadaya masyarakat itu sendiri tanpa APBD, semoga apa yang dilakukan ini dapat di contoh oleh Kelurahan lainnya.

Sementara Kepala Badan Kesbangpol DKI Jakarta M. Darwis disaat menyampaikan paparannya tentang pentingnya peranan masyarakat didalam menjaga keamanan dan kenyamanan dilingkungan itu sendiri, menekankan agar keragaman yang ada di sunter agung menjadi kekuatan didalam menangkal intoleransi dan radikalisme.

Hadir dalam kesempatan tersebut juga Kepala Kesbangpol Kota jakarta Utara bpk. Iyan Sofyan Hadi yang mewakili Walikota Jakarta Utara, serta Kepala Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Administrasi Jakarta Utara bpk. Erik Polim sebagai narasumber dengan tema Tertib Administrasi sebagai bentuk kepedulian warga terhadap NKRI.

Adapun kegiatan ini juga mengamanahkan Hj. Suryani sebagai Ketua FASTRA periode 2017-2021, dalam sambutannya beliau menyampaikan terima kasih kepada masyarakat sunter agung yang sangat antusias terhadap kegiatan ini, memang sudah lama kita tidak pernah duduk bersama, kami tidak ingin diantara kami tidak saling mengenal, menurutnya kegiatan ini selain mempererat tali silaturahmi juga didalam rangka mempersiapkan diri menghadapi Pemilu Serentak tahun 2019 mendatang.